“RX King” Raja Sepanjang Masa


Jawara motor keluaran Yamaha yang pernah tenar pada zamannya di Indonesia yaitu RX King. Siapa sih yang ngga tahu motor istimewa yang satu ini bagi kalian para kelahiran 90-an, motor ini di Indonesia mendapat julukan yang cukup menarik yaitu “Motor Maling”, “Motor copet”, “Motor Jambret”, hingga “Raja Aspal” serta masih banyak julukan yang lain dan tentunya membuat motor ini semakin banyak peminatnya di Indonesia. RX King untuk pertama kalinya masuk di pasar otomotif Indonesia yaitu sekitar tahun 1983. Motor ini juga mempunyai keunikan tersendiri yaitu memiliki masa penjualan yang cukup panjang dan lama yaitu mulai tahun 1983 yang lebih dikenal dengan nama RX-K hingga dilanjutkan sampai tahun 2008. Penjualan RX-K sendiri hanya berlangsung selama 3 tahun yang kemudian digantikan oleh generasi-generasi berikutnya hingga akhirnya lahirlah sang jawara motor di Indonesia yaitu RX King yang merajai jalanan dari masa lampau hingga saat ini.


Pada mulanya, RX King telah melalui proses survey dari pihak Honda yang langsung datang dari Negeri Sakura yang para tokohnya yaitu Motoaki Hyodo, Chikao Kimata, dan Nobuo Aoshima. Survey tersebut meliputi beberapa daerah di bumi pertiwi, seperti Sumatera, Jawa, serta beberapa daerah lain. Hasil dari survey tersebut menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia menginginkan motor dengan beberapa keunggulan diantaranya, gagah, irit, dan mempunyai kecepatan kekuatan mesin yang luar biasa, yang kemudian terciptalah Yamaha RX King 135 ini yang khusus dibuat Yamaha untuk pasar otomotif di tanah air. Yamaha RX-King pertama kali hadir di Indonesia tahun 1983, merupakan penyempurnaan dari Yamaha RX-K 135, dengan penambahan YEIS (Yamaha Energy Induction System) yang membuat RX King lebih irit bahan bakar sekitar 15% dari RX-K meskipun kapasitas kaburatornya sama. Selain itu diterapkannya Yamaha Computerized Lubrication System membuat RX King semakin bertenaga hingga 5000 Rpm bahkan bisa lebih.

RX King sendiri di Indonesia memiliki perkumpulan yaitu YRKI (Yamaha RX King Indonesia). YRKI telah banyak memiliki perwakilan maupun keluarganya hampir menyebar luas di seluruh wilayah Indonesia. Yamaha RX-King Indonesia (YRKI) adalah sebagai wadah organisasi bagi semua klub maupun komunitas penggemar sepeda motor Yamaha RX-King di seluruh Indonesia. Awal pendirian YRKI idenya digulirkan oleh 4 (empat) club, yaitu Jogja King Club (JKC), King’s Club Djakarta (KCDj), Muntilan King Club (MKC) yang pada saat itu masih bernama Kumpulan Pemuda Pencinta King (KUPEK) dan Semarang RX-King Club (SRC) yang sekarang bernama CORS (Club of RX-King Semarang). Pada tanggal 11 Juli 2004 pukul 12.00 WIB di Puncak Bogor Jawa Barat, Yamaha RX-King Indonesia (YRKI) resmi berdiri dengan dihadiri oleh Jogja King Club (JKC), King’s Club Djakarta (KCDj), Cirebon King Club (CKC) yang pada saat itu masih bernama Yamaha Rx Club Cirebon (YRxC2), Kings Club Tangerang (KCT) yang sekarang bernama Yamaha King Club Tangerang (YKCT) dan King Owner Club Bandung (KOC Bandung) yang sekarang bernama King’s Riders Club Bandung (KRC Bandung).Kepengurusan Yamaha RX-King Indonesia (YRKI) pertama kali dibentuk di Pangandaran Jawa Barat pada bulan September 2004, yang di hadiri oleh Jogja King Club (JKC), King’s Club Djakarta (KCDj), Solo King Club (SKC), Semarang RX-King Club (SRC) dan Cirebon King Club (CKC).



Spesifikasi dan pembahasan mesin RX King 
Banyak para anak muda yang memodifikasi RX King sedemikian rupa, dari modifikasi standart hingga modifikasi total maupun merubah konsep body yang kemudian diganti dengan model-model yang lain. Yang menjadi ciri khas tetap sebuah RX King adalah dari segi mesinnya yang terkenal gahar di kalangan jenis motor di Indonesia oleh karena kemampuannya. Yamaha RX King mengusung konsep mesin yang bertipe 2 langkah yang masih menggunakan sistem kinerja dari karburator yang memiliki kapasitas 132 cc serta menggunakan sistem pendingin air cooler dengan perbandingan komperasi 6,9 : 1 disertai karburator VM 26 x 1 MIKUNI.



Review Spesifikasi Motor Yamaha RX King
Dimensi
Dimensi Panjang x Lebar x Tinggi
1.970 mm x 735 mm x 1.065 mm
Berat
100 kg
Jarak sumbu roda
1.245 mm
Tinggi tempat duduk
770 mm
Jarak ketanah
160 mm
Kapasitas bahan bakar
9,5 Liter
Dapur Pacu / Mesin
Tipe Mesin
2 Langkah, Berpendingin Udara
Volume Silinder
132 CC
Diamater Langkah
58,0 x 50,0 mm
Komperasi
6,9 : 1
Daya Maksimum
18,5 PS/9.000 rpm
Torsi Makimum
1,54 kgf.m/8.000 rpm
Kopling
Manual, Basah, Multiplate
Transmisi
5 Kecepatan
Karburator
Vm 26 x 1 Mikuni
Sistem Kontrol Emisi
AIS (Air Induction System)
Rangka
Tipe Rangka
Double Cradle
Suspensi Depan
Teleskopik
Suspensi belakang
Lengan Ayun dengan Shockbreaker Ganda Adjustable
Rem Depan
Cakram Tunggal , dengan Piston Ganda
Rem Belakang
Tromol
Ban Depan
2,75 – 18 4 PR
Ban Belakang
3,00 – 18 4 PR
Velg
Spoke Wheel (SW)
Kelistrikan
Baterai
Gm 3-3B/12,3
Busi
BP 8HS-10

Diatas merupakan sedikit pembahasan tentang jawara motor yang melegenda di kalangan para pemotor Indonesia. Mungkin sekian dulu sedikit ulasan dari Yamaha RX King yang dapat saya paparkan.

> Salam Satu Aspal <

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Grand Civic Semakin Menarik dan Antik!

Memacu Adrenalin, Persaudaraan Terjalin