Grand Civic Semakin Menarik dan Antik!



Grand Civic tahun 1991 merupakan generasi keempat dari keluarga Honda Civic yang semakin banyak peminatnya dan perkumpulannya pun, Grand Civic Family Indonesia yang keberadaannya pun telah menyebar luas hampir di seluruh wilayah Bumi Pertiwi. Grand Civic pertama kali diperkenalkan di pasar jagat pada tahun 1988 di Jepang untuk menggantikan generasi sebelumnya yaitu Civic Wonder. Bersamaan dengan itu Grand Civic mulai masuk pasar otomotif Indonesia. Semenjak awal kelahirannya, mobil ini telah mendapat saingan dari Honda Accord Master atau yang sering disebut Accord Maestro dan bersaing cukup ketat di bidang pemasaran hingga saat ini. Grand Civic sejak awal publikasinya juga memiliki “saudara kembar” yang pada awal pemasarannya tahun 1988 lebih sering dikenal dengan sebutan Civic LX atau yang tanpa facelift, setelah itu pada tahun 1990 para penggemar sedan di tanah air mulai dikenalkan dengan kemunculan Grand Civic menggunakan konsep facelift yang bisa dikata sangatlah populer tersebut. Berikut adalah perbedaan antara keduanya.


Grand Civic sejak awal juga muncul dalam dua varian, model pertamanya memiliki konsep dan bersegmen sedan yaitu dikenal dengan nama Grand Civic sedangkan varian yang lainnya bersegmen dan memiliki konsep semi sport atau lebih populer dengan nama hatchback serta memiliki julukan yaitu Civic Nouva. Berikut adalah penampilan dari Civic Nouva.



Generasi Honda Civic yang keempat ini juga bisa dibilang generasi dengan masa penjualan yang paling singkat yaitu hanya selama 3 tahun (1988-1991) yang kemudian diteruskan oleh keluarga Civic generasi kelima yaitu Honda Civic Genio dan saudaranya yaitu Honda Civic Estilo yang berkonsep sama, namun Civic Estilo hanya memiliki 2 pintu. Grand Civic dari segi eksterior memiliki keistimewaan tersendiri yaitu meskipun oleh pemilik dirubah konsepnya secara total, ciri khas dari mobil ini masih nampak dengan body yang memiliki konsep agak ceper yang membuatnya sangat cocok dan biasa di modifikasi ke arah stance atau bahasa Argentina nya “ceper”.



Setelah eksterior, kita beralih ke interior Grand Civic. Kesan pertama kebanyakan yang diungkapkan para penggunanya yaitu Grand Civic memiliki konsep dashboard yang tergolong cukup mewah pada tahun publikasinya. Pada bagian tengah dashboard terdapat tiga baris tombol pengatur yaitu untuk baris paling atas terdapat panel AC yang berada tepat dibawah kisi-kisi AC tengah, kemudian pada baris dibawahnya terdapat ruang untuk audio tape. Di bagian bawah speedometer terdapat pengatur tombol lampu hazzard serta pengatur katup udara. Di sebelah kanan kemudi terdapat pengatur idle mesin dan tombol untuk mengkonfigurasikan spion dengan pengemudi.


Performa dan mesin Grand Civic
Sedan kebanggaan Honda ini memiliki karburator yang berkapasitas 1500 cc, berbeda dengan sedan pada umumnya yang memiliki karburator berukuran 1600 cc atau bahkan lebih. Grand Civic bisa dibilang cukup irit bensin dibandingkan dengan sedan lain yang sejenis. Mesin berkode D15B2 ini mengkonfigurasikan 4 silinder dengan garis 16 katup SOHC yang membuatnya mampu mengolah tenaga maksimal hingga 92 Horsepower pada putaran mesin 6.000rpm serta mampu menghasilkan torsi puncak 119 Nm pada putaran mesin 4.500rpm. Untuk jenis sedan, Civic memiliki spesifikasi yang terbilang khusus oleh karena kelengkapan serta tenaga maksimal yang dapat dihasilkan cukup menarik para peminatnya yang membuat Civic memiliki amat sangat banyak penggemarnya di tanah air.



Kenyamanan berkendara dan suspensi Grand Civic
Para pengguna dan penggemar Grand Civic sendiri dapat dikatakan cukup puas dengan kenyamanan berkendara, handling, maupun suspensi yang dimiliki sedan ini. Hal tersebut didasari pada kaki-kakinya yang telah menggunakan sistem double wishbone pada dua titik depan, sedangkan untuk dua titik belakang Grand Civic menggunakan mekanisme suspensi multilink serta hal tersebut yang membuatnya terlihat paling unik dibandingkan sedan yang memiliki tahun keluaran sama. Dilihat dari segi pengemudi, para pengemudi Grand Civic juga telah dimanjakan dengan fitur power steering, keunggulan lain dari fitur tersebut yang juga membuat Grand Civic semakin istimewa di kalangan penggunanya yaitu mobil ini telah menerapkan teknologi yang cukup pintar yaitu mencegah terjadinya oversteer serta understeer oleh karena ukurannya yang ceper serta agak “membumi”.



Berikut adalah mekanisme suspensi Double Wishbone 




Spesifikasi Grand Civic 
Mesin : karburator berkapasitas 1.500 cc D15B2 4 silinder inline 16 katup SOHC
Tenaga maksimum : 92Hp pada putaran mesin 6.000rpm
Torsi maksimum : 119Nm pada putaran mesin 4.500rpm
Bore x Stroke : 75mm x 84,5mm
Rasio Kompresi : 9,2:1
Sistem Transmisi : 5 percepatan manual / 4 percepatan automatic
Suspensi : Depan double wishbone, belakang multilink 

Kisaran harga Grand Civic
Grand Civic selain memiliki kelengkapan fitur diatas, sedan kompak miliki Honda ini juga dapat dibanderol dengan harga yang tidak terlalu tinggi yaitu dengan kisaran harga 40 juta untuk tipe yang biasa sedangkan untuk yang memiliki transmisi automatic harganya dapat naik hingga sekitar 50 juta yang setara bahkan lebih dari generasi berikutnya yaitu Genio. Pada tipe Civic Sport  juga dibanderol dengan kisaran harga 45 jutaan (lebih mahal sedikit dibandingkan versi standartnya). Civic Sport ditandai dengan adanya tambahan pada tempat tumpu plat nomor belakang yang terbuat dari fiber (sejenis plastik yang memiliki konstruksi lebih kuat) serta pada blok mesinnya berwarna merah cerah.
Sekian dulu penjelasan tentang beberapa keunggulan serta spesifikasi Grand Civic, semoga menginspirasi para pengguna dan semakin menumbuhkan rasa cinta pada generasi Honda Civic di Indonesia bagi para penggemarnya.




> Hanya Peminat Mobil Tua, Bukan Penikmat Harta Orang Tua <

Komentar

Postingan populer dari blog ini

“RX King” Raja Sepanjang Masa

Memacu Adrenalin, Persaudaraan Terjalin